Tips Membuat Film Singkat Untuk Para Youtuber

Membuat film sebetulnya mudah namun diperlukan ketelatenan, ketekunan dan tidak gampang bosan yang harus selalu dihadapi. Sebab dalam pembuatan film kita akan dihadapkan untuk mengolah ide, kemudian menuangkannya dalam naskah yang diperankan dan direkam. Setelah itu adalah proses editing yang memakan waktu lama dan lambat. Dan selesai editing untuk memperhalusnya pun perlu dilakukan. Proses-proses inilah yang membuat banyak orang kembali mundur untuk membuat film.

Bagaimana cara membuat film ya?

Padahal jika kita bisa mengalahkan kesulitan tersebut film yang bagus pun bisa diciptakan. Meskipun membuat film bukan pekerjaan yang mudah, nyatanya banyak produksi film yang masih bertahan. Tiap bulannya, tidak kurang dari 100 film pendek diluncurkan, lebih banyak terdapat di Youtube.

Platform ini sangat membantu banyak orang dalam dunia video mem-video. Film yang sering diproduksi pada platform ini adalah film pendek. Selain karena durasinya yang lebih sedikit dibanding dengan film biasa, selain itu pengerjaannya lebih singkat dan budget yang dikeluarkan tidak sebesar produksi film besar.

Kembangkan ide cerita

Sebelum membuat film ada baiknya memperjelas ide pokok film. Ide cerita harus jelas bagaimana alur dan inti cerita yang akan disampaikan. Kembangkan ide cerita agar lebih banyak hal-hal yang dijadikan bahan film. Pengembangan ide cerita pun tidak hanya pada saat memulai pembuatan film. Namun pada saat pembuatan film pun ide cerita bisa dikembangkan.

Semakin berkembang ide cerita, semakin jelas cerita yang diangkat. Tuangkan ide cerita dan buatlah kerangka cerita agar bisa dengan mudah dijabarkan. Tulis selalu apa yang kurang atau apa yang perlu ditambah.

Membuat script

Membuat script adalah bagian kedua setelah kerangka bacaan sudah jelas. Menulis script pun tidak bisa sembarang. Masukanlah beberapa ide dalam setiap kata. perhatikan kalimat dan kata-kata yang akan ada dalam film.

Membuat script sama halnya dengan bercerita. Bedanya, script lebih mendetail jadi, buatlah sedetail mungkin script yang Anda tulis. Hal ini menjadi acuan bagi kru lainnya dalam pembuatan film.

Buatlah sinopsis

Sinopsis merupakan ringkasan cerita yang Anda buat. Hal ini bisa menjadi acuan Anda dalam melakukan pembuatan film. Dengan sinopsis Anda bisa mengarahkan cerita dengan acuan ending yang sudah Anda tentukan. Sinopsis juga menjadi gambaran bagaimana alur cerita yang Anda buat.

Lakukan riset

Sebelum memulai pembuatan film, lakukanlah riset terlebih dahulu. Bagaimana latar belakang film, apa saja yang perlu disiapkan. Selain itu, hal-hal penting apa saja yang perlu dikembangkan harus diteliti terlebih dahulu. Melakukan riset tidak perlu hingga observasi atau riset berat, Anda bisa menggunakan browser dan internet untuk melakukan riset film Anda. Semakin matang Anda memahami cerita Anda, semakin jelas film yang akan Anda buat

Siapkan peralatan

Dalam pembuatan film, properti sangat diperhatikan. Peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk syuting harus sudah tersedia, begitu pula dalam pengambilan gambar. Latar tempat dan lainnya harus sudah jelas.

Biaya

Melakukan studi untuk biaya sangat penting. Perencanaan biaya bisa menjadi acuan bagaimana nanti dana yang dipunya bisa mengcover segala kebutuhan syuting. Perencanaan biaya membuat kita menyadari bagaimana mengolah dana untuk kebutuhan artistik, aktor-aktris, tata busana, peralatan syuting dan lain-lain.

Sebelum Anda memulai syuting, segala sesuatu untuk film harus sudah jelas terlebih dahulu. Bagaimana kamera menshoot gambar, bagaimana ekspresi aktor-aktris dan bagaimana nanti style editing yang diinginkan. Hal ini akan berdampak pada keluaran film. produksi film tidak hanya berkisar pada menshoot gambar, namun meliputi proses editing dan render. Setelah mantap, Anda bisa menguploadnya ke Youtube. Pastikan Anda sudah membuat akun Youtube terlebih dahulu.